Pulau Sangalaki – BertemuIkan Pari Manta Dan Penyu Hijau


Jika ada yang tanya “rekreasi bahari mana yang paling indah di Kalimantan Timur?” Pasti kita sepakat bahwa Pulau Derawan ialah jawabannya. Eitss! Tapi tunggu dulu, bekerjsama tak cuma itu. Sebab ada lagi tempat obyek rekreasi alam yang tak kalah cantik, yakni Pulau Sangalaki.





Pulau Sangalaki masih berada di daerah Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Luasnya sekitar 15,9 hektar dan menjadi bagian dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur. Oleh alasannya adalah itu, hanya ada satu bangunan yang ada di pulau ini, yakni milik balai konservasi.





Bentuk dataran pantai ini datar dan mempunyai laguna dangkal berdasar pasir yang ditumbuhi karang serta lamun. Perairan Pulau Sangalaki mempunyai aneka macam titik diving yang menyajikan panorama bawah bahari menakjubkan.





Pulau Sangalaki




Setidaknya ada 11 titik penyelaman, ialah Coral Gardens, Sherwood Forest, Eel Ridge, Channel Entrance, Manta Run, Manta Avenue, Manta Parade, The Rockies, Lighthouse, Sandy Ridge, dan Turtle Town.





Dari deretan titik selam tersebut, beberapa yang paling terkenal diantara yang memiliki nama “manta”. Bukan tanpa alasan, alasannya adalah di titik itu kita mampu berjumpa dengan gerombolan ikan Pari Mantai yang berjumlah puluhan hingga ratusan ekor.





Keberadaan Ikan Pari Manta di perairan Pulau Sangakali disebabkan oleh kekayaan plankton yang menjadi kuliner utama ikan ini. Gerombolan Ikan Pari Manta akan nampak indah dikala malam hari ketika cahaya bulan bersinar. Sungguh sungguh menakjubkan!





Tak hanya ikan pari, disini kita juga bisa berjumpa dengan penyu hijau dari tempat Asia Tenggara menuju pesisir pulau untuk bertelur. Tak main-main, setiap tahunnya pulai ini didatangai sekitar 3.700 ekor penyu!





Maka dari itu di Pulau Sangalaki terdapat penangkaran tukik atau anak penyu. Anakan penyu tersebut akan dirawat hingga besar untuk lalu dilepaskan ke lautan lepas.





ikan pari manta




Jika kamu berencana tiba ke pulau ini dan berjumpa dengan ikan Pari Manta, semestinya jadwalkan liburanmu dan tiba pada bulan Mei dan Juni. Saat-ketika itulah kala puncak kalangan ikan Pari Manta akan timbul.





Akan tetapi bagi yang ingin bermain dengan ikan ini, seharusnya berhati-hati ya! Sebab ikan yang panjangnya bisa meraih 7 meter ini mampu menyengat menggunakan ekornya.


Comments

Popular posts from this blog

Pantai Akesahu – Pemandian Air Panas Di Tepi Pantai

Cool Cara Menurunkan Led Yg Tinggi 2023