Resep Gulai Nangka Tetelan: Enak Dan Kuahnya Super Gurih!

Resep Gulai nangka padang (pr_recookmasakanpedas) oleh Susan Mellyani
Resep Gulai nangka padang (pr_recookmasakanpedas) oleh Susan Mellyani from www.pinterest.com

Apa Itu Gulai Nangka Tetelan?

Gulai nangka tetelan adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Makanan ini berupa gulai yang dibuat dari nangka yang ditetel dan dicampur dengan rempah-rempah yang menghasilkan rasa gurih yang khas. Makanan ini biasanya dimakan dengan lontong atau nasi.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat gulai nangka tetelan, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut ini: 500 gram nangka, 2 sendok makan minyak sayur, 2 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, 1/2 sendok teh merica bubuk, 1/4 sendok teh kaldu bubuk, 2 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 3 buah cengkeh, dan 2 buah kapulaga.

Cara Membuat Gulai Nangka Tetelan

1. Haluskan nangka sampai halus menggunakan garpu atau blender. Setelah itu, tambahkan 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh gula pasir dan aduk rata. Lalu, masukkan nangka yang sudah halus ke dalam wajan atau panci dan masak dengan api kecil hingga nangka matang dan mengeluarkan minyak. Angkat dan sisihkan.

2. Panaskan minyak sayur di dalam wajan atau panci. Tambahkan daun salam dan daun jeruk, dan tumis hingga harum. Tambahkan cengkeh dan kapulaga, lalu tumis hingga harum. Tambahkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula pasir, dan 1/2 sendok teh merica bubuk, lalu aduk hingga tercampur rata.

3. Tambahkan nangka yang sudah dimasak dan 1/4 sendok teh kaldu bubuk ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga kuah mengental. Sajikan gulai nangka tetelan panas bersama dengan lontong atau nasi.

Manfaat Gulai Nangka Tetelan

Gulai nangka tetelan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Nangka mengandung banyak vitamin B, vitamin C, dan mineral seperti kalium, kalsium, dan magnesium. Selain itu, makanan ini juga mengandung serat yang bermanfaat untuk mengatur kolesterol dan gula darah dalam tubuh. Makanan ini juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kesimpulan

Gulai nangka tetelan adalah salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Makanan ini dibuat dari nangka yang ditetel dan dicampur dengan rempah-rempah yang menghasilkan rasa gurih yang khas. Gulai nangka tetelan ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin B, vitamin C, mineral, serat, dan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Comments

Popular posts from this blog

Pulau Sangalaki – BertemuIkan Pari Manta Dan Penyu Hijau

Pantai Akesahu – Pemandian Air Panas Di Tepi Pantai

Cool Cara Menurunkan Led Yg Tinggi 2023