Resep Gemblong Singkong Gula Merah, Lezatnya Menggugah Selera

519 resep singkong gula merah enak dan sederhana ala rumahan Cookpad
519 resep singkong gula merah enak dan sederhana ala rumahan Cookpad from cookpad.com

Gemblong singkong gula merah merupakan salah satu jenis makanan khas Jawa Timur. Makanan tradisional ini dibuat dari singkong yang digoreng dan diberi topping gula merah. Makanan ini sangat enak dan menggugah selera. Bahkan, makanan ini juga sering dijadikan sebagai camilan di acara-acara khusus.

Untuk membuat Gemblong Singkong Gula Merah, Anda membutuhkan bahan-bahan utama seperti singkong, gula merah, dan minyak goreng. Bahan lainnya yang diperlukan untuk membuat gemblong singkong gula merah adalah tepung beras, kacang tanah, dan garam. Untuk rasa yang lezat, Anda juga bisa menambahkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan.

Langkah-Langkah Membuat Gemblong Singkong Gula Merah

1. Persiapan Bahan-Bahan

Pertama-tama, Anda harus menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Siapkan singkong yang sudah dicuci bersih dan dipotong-potong menjadi bentuk kotak-kotak kecil. Lalu, haluskan bawang putih dan bawang merah untuk memberi rasa lezat. Setelah itu, campurkan gula merah, tepung beras, kacang tanah, dan garam dalam wadah.

2. Membuat Adonan

Kemudian, Anda harus membuat adonan untuk gemblong singkong gula merah. Masukkan singkong yang telah dipotong-potong tadi ke dalam wadah dan tuangkan adonan yang telah disiapkan tadi. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan merata.

3. Menggoreng

Selanjutnya, Anda harus menggoreng singkong yang telah diberi adonan tadi. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan tuangkan singkong yang sudah diberi adonan. Goreng hingga singkong matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan.

4. Topping Gula Merah

Terakhir, Anda harus menambahkan topping gula merah pada gemblong singkong gula merah. Tuangkan gula merah yang telah disiapkan tadi ke atas singkong yang telah digoreng tadi. Aduk rata hingga semua singkong terlumuri dengan gula merah.

Itulah Cara Membuat Gemblong Singkong Gula Merah

Itulah cara membuat gemblong singkong gula merah. Resep ini sangat mudah untuk dibuat dan Anda bisa membuatnya dengan cepat. Gemblong singkong gula merah ini akan sangat lezat dan menggugah selera. Jadi, jangan lupa coba resep ini di rumah!

Comments

Popular posts from this blog

Pulau Sangalaki – BertemuIkan Pari Manta Dan Penyu Hijau

Pantai Akesahu – Pemandian Air Panas Di Tepi Pantai

Cool Cara Menurunkan Led Yg Tinggi 2023