Resep Dan Cara Membuat Bolu Kukus Gula Merah Tanpa Mixer

Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah dan Lembut Resep ResepKoki
Bolu Kukus Gula Merah Mekar Merekah dan Lembut Resep ResepKoki from resepkoki.id

Gula merah adalah salah satu bahan alami yang biasa digunakan dalam berbagai macam masakan. Terutama di Indonesia, gula merah seringkali digunakan untuk menambah rasa manis dalam berbagai macam makanan, seperti es krim, kue, dan berbagai jenis makanan lainnya. Salah satu kue yang terkenal di Indonesia dan sering disajikan adalah bolu kukus gula merah. Bolu kukus gula merah ini terbuat dari campuran tepung, gula merah, dan cairan lainnya yang sebelum dimasak harus dikukus terlebih dahulu.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat bolu kukus gula merah tanpa mixer:

Bahan-bahan

Untuk membuat bolu kukus gula merah, Anda akan membutuhkan beberapa bahan dasar, yaitu:

  • 200 gram tepung terigu
  • 200 gram gula merah
  • 3 telur ayam
  • 50 gram margarin
  • 200 ml air
  • 1/2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh baking powder
  • Pewarna makanan (opsional)

Cara Membuat

Pertama, masukkan tepung terigu, gula merah, telur, dan margarin ke dalam wadah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan air, garam, baking powder, dan pewarna makanan (jika menggunakan). Aduk hingga adonan menjadi rata dan tidak menggumpal. Jika adonan masih terlalu kental, tambahkan sedikit air lagi hingga mencapai konsistensi yang tepat.

Kemudian, siapkan sebuah loyang yang telah diolesi dengan margarin. Tuang adonan yang telah dibuat ke dalam loyang. Kukus adonan dalam wajan atau peralatan kukusan selama 30-35 menit hingga matang. Setelah matang, keluarkan bolu dari loyang dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Itu dia cara membuat bolu kukus gula merah tanpa mixer. Selain rasanya yang enak, bolu kukus gula merah ini juga mudah dibuat dan tidak memerlukan banyak waktu. Jadi, cobalah resep ini di rumah dan rasakan manisnya bolu kukus gula merah homemade!

Comments

Popular posts from this blog

Pulau Sangalaki – BertemuIkan Pari Manta Dan Penyu Hijau

Pantai Akesahu – Pemandian Air Panas Di Tepi Pantai

Cool Cara Menurunkan Led Yg Tinggi 2023